PEMETAAN KD KELAS 1 - 6 SEMESTER II K13


PEMETAAN KOMPETENSI DASAR KELAS 1, 2, 3, 4, 5, DAN 6 SEMESTER II
KURIKULUM 2013 BUKU REVISI 2017

Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.

Kurikulum 2013 memiliki tujuan yang mencakup empat kompetensi, yaitu kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk mencapai kompetensi tersebut ditempuh melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Kompetensi spiritual dan sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu : keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah. Selain itu dilakukan dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, kebutuhan dan kondisi peserta didik. Dalam menumbuh kembangkan kompetensi sikap dapat dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi dasar pada ranah pengetahuan dan keterampilan pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Kompetensi inti dan kompetensi dasar dipergunakan sebagai dasar untuk perubahan buku teks pelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan secara proporsional tersebat ke dalam tema-tema pembelajaran. Untuk itu, sebelum memulai pembelajaran guru perlu melakukan analisis kompetensi dasar yang terkadung pada setiap tema. Setiap tahunnya buku tematik terpadu kelas 1, 2, 4, dan 5 mengalami revisi, maka dari itu guru harus secara berkelanjutan melakukan analisis setiap tahunnya atau setiap semester. Sementara untuk buku tematik terpadu kelas 3 dan 6 untuk tahun ini belum mengalami revisi.

Selain berfungsi sebagai dasar dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Pemetaan kompetensi dasar dapat dijadikan acuan dalam melakukan penilaian pembelajaran khususnya dalam menyusun kisi-kisi instrumen penilaian. 

Berikut Pemetaan Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan Kelas 1 Semester II Kurikulum 2013 Buku Revisi 2017 Pada Buku Tematik Terpadu :
Tema 5. Pengalamanku
Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Tema 8. Peristiwa Alam

Berikut Pemetaan Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan Kelas 2 Semester II Kurikulum 2013 Buku Revisi 2017 Pada Buku Tematik Terpadu:
Tema 5. Pengalamanku
Tema 6. Merawat Hewan dan Tumbuhan
Tema 7. Kebersamaan
Tema 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Berikut Pemetaan Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan Kelas 3 Semester II Kurikulum 2013 Pada Buku Tematik Terpadu:
Tema 5. Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Tema 6. Indahnya Persahabatan
Tema 7. Energi dan Perubahannya
Tema 8. Bumi dan Alam Semesta

Berikut Pemetaan Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan Kelas 4 Semester II Kurikulum 2013 Buku Revisi 2017 Pada Buku Tematik Terpadu:
Tema 6. Cita-Citaku
Tema 7. Indahnya Keragaman Negeriku
Tema 8. Daerah Tempat Tinggalku
Tema 9. Kayanya Negeriku

Berikut Pemetaan Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan Kelas 5 Semester II Kurikulum 2013 Buku Revisi 2017 Pada Buku Tematik Terpadu :
Tema 6. Panas dan Perpindahannya
Tema 7. Peristiwa dalam Kehidupan
Tema 8. Lingkungan Sahabat Kita
Tema 9. Benda-Benda di Sekitar Kita

Berikut Pemetaan Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan Kelas 6 Semester II Kurikulum 2013 Pada Buku Tematik Terpadu:
Tema 6. Menuju Masyarakat Sehat
Tema 7. Kepemimpinan
Tema 8. Bumiku
Tema 9. Menjelajah Angkasa Luar

Sumber : I Made Rai Alit Sentanu, S.Pd


SEMOGA BERMANFAAT
SALAM BERBAGI

10 komentar untuk "PEMETAAN KD KELAS 1 - 6 SEMESTER II K13"