Daftar Kelas, Daftar Nilai, Analisis Penilaian, dan Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Fase A, B, dan C

Daftar Kelas, Daftar Nilai, Analisis Penilaian, dan Aplikasi Rapor
Kurikulum Merdeka
Fase A (Kelas 1 dan 2), Fase B (Kelas 3 dan 4), dan Fase C (Kelas 5 dan 6)

Format asesmen kurikulum merdeka

Salam berbagi untuk bapak/ibu guru yang ada di seluruh Indonesia. Semoga bapak/ibu guru selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.

Tahun pelajaran 2022/2023 merupakan tahun pelajaran yang spesial dan penuh tantangan. Hal tersebut dikarenakan situasi dan kondisi yang sudah semakin mendukung untuk kembali hidup normal dan mulai bangkit dari adanya pandemi covid-19. 

Selain itu, kita akan menerapkan Kurikulum Merdeka. Sebelum menerapkan, tentu banyak hal yang berlu kita siapkan. Dengan spirit berbagi dan belajar sepanjang waktu, kita harus yakin, kita bisa menerapkan Kurikulum Merdeka secara perlahan melalui pembelajaran yang berpusat pada murid untuk menuntun kodrat anak sesuai dengan bakat atau potensi yang dimiliki. 

Pada kesempatan ini, admin akan berbagi terkait dokumen yang mungkin bisa mendukung bapak/ibu guru dalam penerapan/pelaksanaan kurikulum merdeka dalam bidang asesmen/penilaian yaitu daftar nilai, analisis penilaian, dan aplikasi rapor untuk semua kelas (fase A, B, dan C).

Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan dan pencapaian hasil belajar peserta didik. 

Jenis asesmen sesuai fungsinya mencakup: asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as Learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for Learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning).

Pada pembelajaran paradigma baru, pendidik/guru diharapkan lebih berfokus pada asesmen formatif dibandingkan sumatif dan menggunakan hasil asesmen formatif untuk perbaikan proses pembelajaran yang berkelanjutan. 

Langkah merencanakan, melaksanakan, dan mengelola asesmen/penilaian formatif dan sumatif pada pembelajaran paradigram baru kurikulum merdeka:

  1. Gunakan alur tujuan pembelajaran yang telah disusun, kemudian identifikasi tujuan pembelajaran yang menjadi kompetensi yang diinginkan.
  2. Identifikasi bentuk asesmen yang hendak dilakukan untuk mengukur pembelajaran secara formatif maupun sumatif.
  3. Buat instrumen asesmen formatif dan sumatif bersamaan dengan menyusun modul ajar.
  4. Pelaksanaan Asesmen Formatif dan Sumatif
  5. Mengolah Hasil Asesmen
  6. Menyajikan Hasil Asesmen ke dalam Rapor
Untuk mendukung hal tersebut di atas, kami lampirkan:






Demikian Daftar Kelas, Daftar Nilai, Analisis Penilaian, dan Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Fase A (Kelas 1 dan 2), Fase B (Kelas 3 dan 4), dan Fase C (Kelas 5 dan 6).

Semoga bermanfaat, salam berbagi!

9 komentar untuk "Daftar Kelas, Daftar Nilai, Analisis Penilaian, dan Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Fase A, B, dan C"