Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Terbaru Versi 3.2023 Gratis

Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Terbaru Versi 3.2023 Gratis


Sebagai perwujudan dari tema HUT Ke 78 RI yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju, di dunia pendidikan sebagai seorang guru kita tidak pernah berhenti untuk berinovasi. Salah satunya yaitu berkontribusi dalam menyukseskan impelementasi kurikulum merdeka (IKM). Dalam memahami kurikulum merdeka setiap waktu berupaya menambah dan memperbaharui pengetahuan melalui belajar secara mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan sharing/berbagi dengan rekan guru secara daring maupun luring. 

Pada kesempatan ini, admin ini berbagi pembaharuan aplikasi rapor kurikulum merdeka. Adapun berbagai pembaharuan dari aplikasi sebelumnya (apk Versi 2.2023) antara lain:

  • Penamanan jenis penilaian dan bobot dibuat dinamis/dapat disesuaikan dengan jenis penilaian yang berlaku di setuan pendidikan masing-masing.


  • Terdapat penambahan baris sub-elemen menjadi 5 (lima) pada masing-masing Elemen/ Dimensi (sesuai dengan Sub-elemen terbanyak yang terdapat pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila)


Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka ini sangat mudah untuk digunakan, adapun keunggulan dari aplikasi ini antara lain: 
  1. Dapat digunakan langsung tanpa perlu ijin akses dari pembuat aplikasi.
  2. Dilengkapi dengan Lingkup Materi dan Tujuan Pembelajaran. 
  3. Dalam satu aplikasi memuat Rapor Intrakurikuler dan Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  4. Kalimat awal deskripsi rapor bersifat dinamis. Pengguna dapat menentukan sendiri kalimat awal deskripsi rapor (tanpa rentang predikat atau dengan rentang predikat).
  5. Lebih mudah dalam input nilai pada setiap mata pelajaran.
  6. Dilengkapi dengan fasilitas filter otomatis yang dapat mengelompokkan siswa berdasarkan agama (pada halaman input nilai mapel agama).
  7. Sudah disediakan Dimensi, elemen, sub-elemen, dan target capaian Profil Pelajar Pancasila. 
  8. Penyusunan Skenario Projek sangat mudah, pengguna hanya perlu memilih dari list yang disedikan (tanpa perlu melakukan copy dan paste).
  9. Target Capaian Projek bersifat otomatis sesuai dengan Fase/kelas.
  10. Proses input nilai pada Penilaian Projek sangat mudah, untuk menampilkan ceklist hanya perlu melakukan klik saja.
  11. Tersedia persentase ketuntasan pada menu awal, sehingga pengguna dapat mengetahui ketuntasan dalam mengisi data/nilai pada aplikasi.
  12. Tampilan Rapor yang lebih menarik, dapat diedit sesuai dengan keinginan pengguna (ganti logo, insert logo baru, insert ttd, ganti font, dll).
  13. Tersedia Rapor Projek yang bisa dibagikan setiap semester atau sekali dalam satu tahun pelajaran.
  14. Disediakan petunjuk pengisian pada setiap halaman rapor berupa tulisan atau video tutorial (dapat diakses langsung pada aplikasi).
  15. Sesuai dengan petunjuk teknis penilaian Kurikulum Merdeka, dengan beberapa pengembangan. 
Berikut Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Terbaru Versi 3.2023, silahkan unduh.

Agar aplikasi rapor bekerja dengan maksimal, pengguna disarankan untuk mengaktifkan macro terlebih dahulu. Vidio cara aktifkan macro: 


Demikian Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Terbaru Versi 3.2023, mari berkarya dan berbagi untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indenesia. 


1 komentar untuk "Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Terbaru Versi 3.2023 Gratis"