RPP PJOK 1 Lembar Semua Jenjang (Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6) Revisi 2020/2021

 RPP 1 PJOK 1 Lembar Semua Jenjang dari Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Semester 1 dan 2 Revisi 2020/2021

Kurikulum 2013



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. 

Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Surat edaran tersebut merupakan tindaklanjut terkait pelaksanaan kurikulum 2013 yang berisi tentang:

  1. Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.
  2. Komponen RPP disederhanakan menjadi komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.
  3. Sekolah, kelompok guru, dan individu dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk keberhasilan siswa.
  4. RPP yang dibuat dapat digunakan dan disesuaikan.
Pandemi covid-19 menyebabkan berbagai situasi pembelajaran yaitu pembelajaran dalam jaringan (daring), pembelajaran luar jaringan (luring), dan pembelajaran tatap muka. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan penyusunan, penyesuaian, revisi, modifikasi RPP sesuai ketentuan dan situasi di masing-masing satuan pendidikan untuk tetap menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan sesuai kompetensi dasar yang dituju.

Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) merupakan suatu proses pembelajaran melalui aktivitas gerak yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, kecerdasan emosi, mengembangkan keterampilan gerak, pengetahuan dan perilaku hidup sehat, dan mengembangkan sikap sportif.

Dalam menerapkan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) perlu direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan target kurikulum. Salah satu upaya yang dilakukan guru yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Berikut adalah RPP PJOK 1 Lembar Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2020/2021:

Berikut adalah RPP PJOK 1 Lembar Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020/2021:

Berikut adalah RPP PJOK 1 Lembar Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2020/2021:

Berikut adalah RPP PJOK 1 Lembar Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020/2021:

Berikut adalah RPP PJOK 1 Lembar Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2020/2021:

Berikut adalah RPP PJOK 1 Lembar Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2020/2021:

Selengkapnya Buka: RPP Kelas 1-6

Sekian RPP PJOK 1 lembar untuk jenjang kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi 2020/2021. Silahkan direvisi dan modifikasi sesuai dengan situasi dan kondisi satuan pendidikan dan lingkungan peserta didik. 

Jika berkenan, bantu subscribe channel berikut ini: Guru Kelas Digital

Salam berbagi !

25 komentar untuk "RPP PJOK 1 Lembar Semua Jenjang (Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6) Revisi 2020/2021"

  1. TERIMAKASIH UNTUK RPP PJOK NYA ADMIN, TERIMAKASIH BANYAK POKOKNYA LENGKAP DAN MUDAH DI DOWNLOAD:)

    BalasHapus
  2. TERIMAH KASIH BANYAK ADMIN....SANGAT MEMBANTU RPP SATU HALAMAN YANG BAGUS.....MUDAH DI DOWNLOAD.....SUKSES SELALU YAH.......

    BalasHapus
  3. SANGAT SANGAT SANGAT MEMBANTU TRIMAKASIH BANYAK ADMIN...

    BalasHapus
  4. Ijin share dan menggunakan ya.. zazakumulloh khoiran katsiir

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Assalamu'alaikum
      Bsa mnta tolong vail pjok

      Hapus
  6. terima kasih admin atas RPP pjok nya..

    BalasHapus
  7. makasih admin
    apa tidak ada PROTA sama PROMESNYA SEKALIAN

    BalasHapus
  8. Makasih min,, untuk silabusnya bagaimna min

    BalasHapus
  9. alhamdulillah,terimakasih sangat membantu RPP Tersebut

    BalasHapus
  10. Terimakasih RPP nya sangat membantu

    BalasHapus
  11. IIzin download Min. terimakasih banyak

    BalasHapus
  12. Izin download min, terimakasih untuk RPP nya, semoga Mimin sehat selalu, murah rezeki aamiin

    BalasHapus