Panduan Lomba Bercerita SD/MI


Panduan Lomba Bercerita SD/MI

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia setiap tahunnya menyelenggarakan lomba bercerita SD/MI. Kegiatan lomba tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca, cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan karakter, dan meningkatkan rasa persatuan serta kesatuan melalui buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang isinya mengandung nilai-nilai kepahlawanan maupun legenda.

Lomba ini difokuskan untuk diikuti siswa-siswi kelas 5 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia, yang lembaga sekolahnya telah mempunyai perpustakaan yang dikelola dan dikembangkan secara baik.

Kegiatan lomba melalui proses seleksi di Kabupaten/Kota dan Provinsi. Kemudian, yang terpilih menjadi juara I di tingkat provinsi akan berlomba di tingkat nasional.

Komponen Penilaian :

Penampilan
Lebih ditekankan kepada penampilan peserta saat bercerita di panggung. Apakah ybs. tampil dengan santai/wajar, penuh percaya diri, meyakinkan dan mantap;

Cara Bercerita/Teknik Bercerita
Para peserta hendaknya memulai atau penampilannya dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: volume suara, artikulasi, diksi, tempo dan kecepatan serta proyeksi, dan penguasaan panggung.

Penguasaan Materi
Peserta harus menguasai isi cerita dan menghayati cerita yang dibawakan, disamping itu peserta harus melakukan improvisasi maupun menyesuaikan fantasi dan imajinasi dalam berintegrasi dengan materi cerita yang dibawakan;

Kemampuan/Skill Peserta
Peserta harus bisa mendayagunakan seluruh kemampuan (potensi) dengan memadukan ketiga unsur penilaian diatas secara kreatif, efektif dan inovatif. Ditambah dengan kemampuan menjawab pertanyaan Dewan Juri yang bersumber dari judul buku yang pernah di baca dicantumkan di biodata peserta. Keterangan : alat peraga maupun properti penilaian masuk pada penguasaan materi.


Materi Lomba adalah cerita rakyat yang mengandung nilai kepahlawanan atau legenda (tidak boleh berupa cerita tokoh binatang/fable) dan harus berisikan membangun pendidikan karakter seperti : sikap nasionalisme, sikap jujur, sikap religius, sikap peduli lingkungan, sikap tanggungjawab, sikap disiplin, sikap kerja keras, sikap kreatif, sikap mandiri, sikap demokratis, sikap cinta damai, sikap bersahabat, dan sikap senang belajar atau gemar membaca. 

Adapun persyaratan atau kriteria lain dari cerita terhadap isi buku cerita yang dipilih adalah telah diedit dan diminimalisir dari unsur sebagai berikut : 1. kekerasan; 2. pembunuhan; 3. perebutan kekuasan; 4. percintaan, romantisme, dan perselingkuhan. Namun tanpa mengurangi esensi dari isi cerita pada buku tersebut.

Informasi ini berdasarkan Panduan Lomba Bercerita SD/MI Tahun 2015

Semoga Bermanfaat
Salam Berbagi

Posting Komentar untuk "Panduan Lomba Bercerita SD/MI"