Buku Pedoman Kesiapsiagaan Bencana Nasional

DIREKTORAT KESIAPSIAGAAN
DEPUTI BIDANG PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN
BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA
Menerbitkan
Buku Pedoman Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Dalam buku/pedoman ini memberikan informasi tentang latihan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Latihan kesiapsiagaan yang dimaksud adalah sebagai bentuk latihan koordinasi, komunikasi dan evakuasi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (pemerintah dan masyarakat umum). Seluruh pihak yang terlibat mensimulasikan situasi bencana sesungguhnya menggunakan skenario bencana yang dibuat mendekati atau sesuai kondisi nyata. Dengan mengacu pada definisi tersebut di atas, maka pedoman ini disusun untuk penyelenggaraan latihan yang melibatkan multipihak serta digunakan untuk membangun dan menyempurnakan system kesiapsiagaan sekaligus meningkatkan keterampilan dalam koordinasi serta pelaksanaan operasi penanggulangan bencana.

BNPB menetapkan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Pada tanggal tersebut diharapkan semua pihak untuk melakukan latihan kesiapsiagaan. Kegiatan dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan berdasarkan pada asas kesetiakawananan, kegotongroyongan dan kedermawanan dengan mengedepankan pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas evakuasi bukan seremoni.


Pada tanggal 26 April 2019 yang ditandai dengan latihan evakuasi bencana (evacuation drill) secara mandiri (perorangan dan/atau kelompok) secara serentak diberbagai wilayah di Indonesia pada jam 10.00 – 12.00 waktu setempat.

Tempat latihan di lingkungan masing masing antara lain, rumah tinggal, sekolah, kantor, hotel, tempat wisata, rumah sakit, mall, pasar dan semua fasilitas umum.

Beberapa pilihan latihan evakuasi bencana yang dapat dilaksanakan pada tanggal 26 April 2019 adalah sebagai berikut:
  1. Evakuasi Mandiri Bencana Gempa Bumi
  2. Evakuasi Mandiri Bencana Gempa yang disertai Tsunami; 
  3. Evakuasi Mandiri Bencana Kebakaran 
  4. Evakuasi Mandiri Bencana Banjir
  5. Evakuasi Mandiri Bencana Erupsi Gunung Api 
  6. Evakuasi ancaman bencana lain yang sesuai dengan data dan fakta di lapangan
Untuk menunjang kegiatan tersebut BNPB memfasilitasi beberapa buku sebagai sumber informasi dan panduan dalam melaksanakan kegiatan latihan kesiapsiagaan bencana yaitu sebagai berikut:

Buku Panduan Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April 2019Download


Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan BencanaDownload


 Buku Saku Tanggap Tangkas Tanggung Menghadapi BencanaDownload


Untuk informasi lebih jelas bisa silahkan kunjungi : https://siaga.bnpb.go.id

INGAT JANGAN PANIK, JIKA BENCANA TERJADI DI SEKITAR ANDA !


Sekian informasi tentang latihan kesiapsiagaan menghadapi bencana
Semoga bermanfaat
Salam berbagi

Posting Komentar untuk "Buku Pedoman Kesiapsiagaan Bencana Nasional"