Cara Pengisian Sensus Penduduk Online 2020

Cara Pengisian Sensus Penduduk Online 2020

Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Pusat Statistik bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri melakukan Sensus Penduduk Online di tahun 2020.
Sensus penduduk dapat dilakungan secara mandiri selama periode pelaksanaan sensus penduduk online. Bisa melalui HP/Laptop/Komputer yang terkoneksi internet.

Periode pelaksanaan sensus penduduk online dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

Adapun cara pengisian sensus penduduk online tahun 2020 yaitu:

Sebelum mengisi sensus penduduk online, data dasar yang diperlukan NIK, Nomor KK, dan Nomor Akta Pernikahan. Untuk keperluan/kepentingan secara umum, siapkan Kartu Keluarga/Kartu Tanda Penduduk/Dokumen Pernikahan/Dokumen Perceraian/Surat Keterangan Kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan.

Membuka link https://sensus.bps.go.id/
Setelah link terbuka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Kemudian isi NIK dan Nomor KK, serta isi kode yang terlihat. Jika NIK, Nomor KK, dan Kode sudah terisi, klik Cek Keberadaan. Setelah diklik, akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
Untuk mengamankan data, diminta untuk membuat dan menuliskan password pada kolom yang disediakan. Kemudian memilih pertanyaan keamanan dan menjawabnya. Password terdiri dari huruf dan angka, contoh: guruberbagi1234. Gunakan password yang mudah diingat. 

Setelah selesai mengisi password dan pertanyaan keamanan, klik Buat Pasword. Setelah itu akan muncul seperti di bawah ini:

Klik Mulai Mengisi. Akan muncul formulir/data keluarga yang harus diisi.


Silahkan mengisi data keluarga sesuai dengan permintaan. Pada bagian akhir data keluarga, berisi nama-nama dari anggota keluarga.
Setelah mengisi sesuai petunjuk, dilanjutkan dengan klik tombol Lanjut. Kemudian akan dilanjutkan dengan mengisi data dari masing-masing anggota keluarga.

Jika sudah terisi lengkap, akan muncul seperti berikut ini:
Jika status data Sudah Update berarti data sudah terisi lengkap. Jika sudah lengkap dan benar, bisa langsung klik Kirim. Jika belum klik Simpan Sementara.

Setelah mengirim, klik Unduh Bukti Pengisian.

Bukti pengisian yang sudah diunduh bisa disimpan/dicetak.

Pengisian sensus penduduk online 2020 selesai.

Sekian informasi yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Pengisian Sensus Penduduk Online 2020"