Memenuhi Kebutuhan Peserta Didik di Kelas (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus)

Yang harus Dipersiapkan Guru untuk dapat Memenuhi Seluruh Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik di Kelas dengan Karakteristik yang Berbeda

Sekolah inklusif

Keberagaman peserta didik di kelas inklusif memiliki karakteristik tersendiri, baik pada peserta didik reguler maupun pada peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK). Peserta didik dalam kelas memiliki hak yang sama untuk belajar walaupun berbeda keyakinan, fisik, gender, kemampuan, latar belakang keluarga, dan lain sebagainya. Setelah mempelajari topik tentang Keberagaman Peserta Didik, yang harus dipersiapkan untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan pembelajaran peserta didik di kelas yaitu: 
  1. Guru secara perlahan memberikan pemahaman sikap simpati dan empati kepada peserta didik regular, bahwa dalam masyarakat itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana kebersamaan dalam berbagai aktivitas agar seluruh peserta didik membaur dan saling interaksi, sehingga akan tampak mereka bersosialisasi dan saling tolong menolong antarsesama. 
  2. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik, guru harus memahami berbagai perbedaan yang ada pada peserta didik. Setiap peserta didik memiliki karakteristik sendiri, baik dalam gaya belajar atau kemampuan mengaktulisasikan berbagai kemampuan dan keterampilannya. 
  3. Guru memandang setiap peserta didik memiliki kebutuhan khusus atau memiliki karakteristik unik. Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) ini berkaitan dengan bagaimana cara terbaik dalam memenuhi kebutuhan khususnya. Pandangan ini akan menuntun guru dalam menyusun akomodasi program untuk mengatasi hambatan dan mengoptimalkan potensi peserta didik. 
  4. Upaya-upaya pemberian layanan pendidikan terhadap PDBK lebih berfokus pada potensi-potensi yang dapat dikembangkan melalui pengamatan guru secara berkesinambungan dan sistematik dalam proses identifikasi dan asesmen.
Demikian, hal-hal yang sekiranya bisa dipersiapkan untuk memberikan pelayanan peserta didik di kelas yang terdiri dari berbagai karakteristik dengan potensi dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Posting Komentar untuk "Memenuhi Kebutuhan Peserta Didik di Kelas (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus)"