Mengukur Tingkat Kematangan Memanfaatkan Teknologi dalam Pembelajaran

Mengukur Tingkat Kematangan Memanfaatkan Teknologi dalam Pembelajaran

Kerangka SAMR

Bagaimana cara mengetahui tingkat kematangan kita dalam memanfaatkan teknologi?

Mengenali tingkat kematangan dalam memanfaatkan teknologi dapat menggunakan kerangka SAMR.

Apa itu kerangka SAMR?

SAMR adalah kerangka untuk mengidentifikasi tingkat kematangan dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. 

Nama SAMR diambil dari nama empat tingkat kematangan pemanfaatan teknologi (dari tingkat paling pemula hingga ke tingkat paling mahir) yang terdiri dari: Substitution, Augmentation, Modification, dan Redefinition.

Substitution: Teknologi (baru) digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang sama persis dengan ketika teknologi tersebut belum diadopsi.

Contoh: Menggunakan aplikasi video meeting untuk mengajar dengan metode ceramah.


Augmentation: Teknologi (baru) digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang serupa dengan ketika teknologi tersebut belum diadopsi. Namun demikian, teknologi sekarang sudah mulai digunakan agar kegiatan tersebut lebih intensif.

Contoh: Menggunakan aplikasi video meeting untuk memberikan  umpan balik tugas murid. Dalam sesi ini, Guru sudah punya kriteria objektif untuk umpan balik. Ini akan membantu guru bisa memberikan  umpan balik secara kelompok (tidak perlu satu per satu) tanpa mengurangi aspek konkret dari umpan baliknya.


Modification: Teknologi (baru) digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang sudah dimodifikasi cukup jauh dibanding versi sebelumnya.

Contoh: Menggunakan aplikasi video meeting untuk memfasilitasi diskusi kelompok. Kelompok murid mendapat tugas dengan prosedur dan sasaran hasil yang sudah dirinci dan konkret. Sesi video meeting didominasi kerja aktif murid. Sesi ditutup dengan pleno. Kelompok menyuguhkan hasil.


Redefinition: Teknologi (baru digunakan) untuk kegiatan pembelajaran yang tidak mungkin bisa diselenggarakan tanpa teknologi baru tersebut.

Contoh: Murid mempublikasikan pengetahuan mereka ke publik dengan membuat online event menggunakan (salah satunya) video meeting. Audiensnya bisa orang tua mereka sendiri, warga umum. Tujuannya bisa demonstrasi atau edukasi audiens.


Demikian informasi terkait cara mengenali tingkat kematangan dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, anda termasuk pada tingkat kematangan yang mana?

Posting Komentar untuk "Mengukur Tingkat Kematangan Memanfaatkan Teknologi dalam Pembelajaran"