Pemutakhiran Layanan Pada Akun Pembelajaran (belajar.id)

Pemutakhiran Layanan Pada Akun Pembelajaran (belajar.id)


INFO dari Pusdatin lewat email @sd.belajar id:
Guna mengutamakan keamanan data, kenyamanan pengguna, dan pengalaman akses yang lebih cepat, kami akan melakukan pemutakhiran layanan pada Akun Pembelajaran (belajar.id) milik Peserta Didik yang berlaku sejak tanggal 11 Desember 2021. 

Terdapat beberapa perubahan layanan yang akan diterapkan, yaitu: 
  1. Dokumen milik Peserta Didik yang disimpan di Drive Akun Pembelajaran hanya bisa dibagikan ke Akun Pembelajaran (belajar.id) pada jenjang pendidikan yang sama, baik membagikan akses melalui penambahan email maupun melalui tautan. 
  2. Akun Pembelajaran (belajar.id) milik Peserta Didik tidak dapat membuat Drive Bersama, mengubah konfigurasi akses Drive Bersama, atau menambahkan anggota ke Drive Bersama. 
  3. Fitur Chat pada Akun Pembelajaran milik Peserta Didik hanya dapat digunakan ke sesama Akun Pembelajaran (belajar.id) pada jenjang pendidikan yang sama. 
  4. Pada fitur Chat, Akun Pembelajaran milik Peserta Didik hanya bisa membuat dan bergabung di ruangan percakapan (chat room) dengan sesama Akun Pembelajaran (belajar.id) di jenjang pendidikan yang sama. 
  5. Akun Pembelajaran milik Peserta Didik tidak bisa melakukan perekaman saat rapat (fitur recording Meet). 
  6. Untuk mengetahui apakah akun lain berada pada jenjang pendidikan yang sama dengan Anda, silakan perhatikan jenjang pendidikan yang tertulis pada akhiran nama akun. 
  7. Perlu diingat bahwa Akun Pembelajaran milik Peserta Didik selalu berada pada satu jenjang pendidikan yang sama dengan gurunya (Pendidik).

Contoh: 
Akun Pembelajaran dengan nama abcd12@smp.belajar.id (Peserta Didik) berada pada jenjang yang sama dengan zyx13@guru.smp.belajar.id (Pendidik), efgh14@admin.smp.belajar.id (Tenaga Kependidikan), dan hijk15@smp.belajar.id (Peserta Didik lain).

Aturan penggunaan Akun Pembelajaran yang dapat dilihat pada https://bit.ly/aturanbelajarid. 


Perlu diperhatikan, apabila Akun Pembelajaran ditemukan tidak mengikuti ketentuan yang ada, maka Akun Pembelajaran akan dinonaktifkan. 

Apabila Akun Pendidik dan Tenaga Kependidikan terdampak pada pemutakhiran layanan yang terjadi, mohon segera hubungi Unit Layanan Terpadu (ULT) di http://ult.kemdikbud.go.id/ dengan menyertakan nama Akun Pembelajaran (user ID).

Demikian informasi pemutakhiran layanan pada Akun Pembelajaran (belajar.id).

Posting Komentar untuk " Pemutakhiran Layanan Pada Akun Pembelajaran (belajar.id)"