KERANGKA LAPORAN BEST PRACTICE

Makalah Berupa Tinjauan Ilmiah Gagasan/Pengalaman Terbaik (Best Practice) di Bidang Pendidikan Formal dan Pembelajaran

Pengertian

Makalah tinjauan ilmiah adalah karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di sekolah/ madrasahnya).

Best Practice adalah karya tulis guru yang berisi pengalaman terbaik dalam proses pembelajaran. Makalah tinjauan ilmiah/best practice di bidang pendidikan formal harus dibuktikan dengan:

  • makalah asli atau fotokopi dengan surat pernyataan tentang keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.
  • surat keterangan dari pengelola perpustakaan sekolah/madrasah yang menyatakan bahwa arsip dari buku/jurnal/makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolah/madrasahnya.

Angka Kredit : 2

Kerangka Isi Laporan Best Practice 


Bagian Awal
Terdiri dari halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar, dan Lampiran; serta abstraksi atau ringkasan. 

Bagian Isi
Umumnya terdiri dari beberapa bab, yakni: 
  • Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat. 
  • Bab Kajian/Tinjauan Pustaka. 
  • Bab Pembahasan Masalah yang didukung data berasal dari satuan pendidikannya. Cara pemecahan masalah yang menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci. (Hal yang sangat perlu disajikan, pada bab ini, adalah keaslian, kejelasan ide/gagasan, dan kecemerlangan ide terkait dengan upaya pemecahan masalah di sekolah/ madrasahnya. Uraian ini merupakan inti tulisan Best Practice.

Bagian Akhir
Kesimpulan

Bagian Penunjang
Memuat daftar pustaka dan Lampiran data yang digunakan dalam melakukan tinjauan atau gagasan ilmiah.

Sumber : 
BUKU 4 PEDOMAN KEGIATAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU PEMBELAJAR (KEMDIKBUD 2016)

AYO NAIK PANGKAT !

1 komentar untuk "KERANGKA LAPORAN BEST PRACTICE"