Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas I, II, III, IV, V, dan VI Kurikulum 2013


PEMETAAN KD KELAS I, II, III, IV, V, dan VI

Buku tematik terpadu kurikulum 2013 pada setiap tema berisi 4 sub tema, masing-masing sub tema terdapat kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan untuk muatan pembelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP dan PJOK untuk kelas 1, 2, dan 3. Sedangkan untuk kelas 4, 5, dan 6 berisi kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan untuk muatan pembelajaran PPkn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP.

Dengan adanya revisi buku, maka kita sebagai guru diharapkan selalu menganalisis kompetensi dasar yang terkandung dalam tema ataupun sub tema. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan kita dalam menyusun RPP maupun penilaian. 

Selain itu, kita juga perlu menyesuaikan dengan Permendikbud 37 Tahun 2018 yang merupakan pergantian dari Permendikbud 24 Tahun 2016. Setelah dianalisis untuk sekolah dasar tidak ada perubahan untuk kompetensi inti dan kompetesi dasar. 

Maka dari itu, kami mencoba untuk berbagi pemetaan kompetensi dasar untuk kelas I, II, III, IV, V, dan VI, pemetaan ini sudah disesuaikan dengan buku revisi 2018, sehingga bisa dimanfaatkan untuk semester II tahun pelajaran 2019/2020.


Semoga Bermanfaat
Salam Berbagi

1 komentar untuk "Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas I, II, III, IV, V, dan VI Kurikulum 2013"