Buku Matematika Kelas IV, V, dan VI Kurikulum 2013

Buku Matematika Kelas IV, V, dan VI Kurikulum 2013 Kemdikbud 2018

Revisi kurikulum 2013 dituntut adanya pembelajaran matematika yang terpisah. Terpisahnya muatan pembelajaran matematika dari tema, mengharuskan adanya buku panduan belajar khusus matematika.

Berkenaan dengan hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2018 menerbitkan Buku Senang Belajar Matematika. Buku ini terdiri dari dua jenis yaitu buku matematika untuk panduan guru dan buku matematika untuk siswa.

Pada buku panduan guru berisi tentang cakupan dan ruang lingkup, strategi pembelajaran, authentic asessment (penilaian sebenarnya).

Selain itu berisi tentang petunjuk di setiap bab seperti:
  1. Peta Konsep
  2. Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator
  3. Pendahuluan
  4. Garis Besar Materi Per Pertemuan
  5. Proses Pembelajaran
  6. Remidial
  7. Pengayaan
  8. Refleksi
  9. Penilaian Aktivitas Peserta Didik
  10. Interaksi Guru dan Orangtua
  11. Kunci Jawaban Buku Matematika untuk SD/MI kelas IV
Pada buku siswa materi disajikan melalui kegiatan ayo mengamati, ayo menanya, ayo menalar, ayo mencoba, ayo merangkum, ayo mengomunikasikan. 

Pendekatan yang digunakan dalam buku ini adalah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Tahapan pendekatan saintifik disajikan untuk membantu siswa dalam melakukan aktivitas ilmiah melatih kemampuan berfikir tingkat tinggi. 

Beberapa aspek penting yang disampaikan dalam buku ini adalah adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual. Guru memfasiltasi siswa dalam proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Siswa juga didorong untuk dapat membuat kaitan-kaitan penting antar sub materi, dan antar materi dengan alam sekitar anak. Literasi dan koneksi siswa dinilai dengan menggunakan authentic assessment. Di akhir setiap bab, disajikan project based learning.

Berikut Buku Matematika Kelas IV, V, dan VI Kurikulum 2013

Silahkan Download :








Salam Berbagi

Posting Komentar untuk "Buku Matematika Kelas IV, V, dan VI Kurikulum 2013"