Daftar Nilai Kelas 1-6 Semester I Kurikulum 2013 Revisi

Daftar Nilai Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Semester I Kurikulum 2013

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Penilaian pengetahuan dan keterampilan dapat dilakukan secara terpisah maupun terpadu. Pada dasarnya, pada saat melakukan penilaian keterampilan, secara langsung juga dapat melakukan penilaian pengetahuan. Penilaian pengetahuan dan keterampilan harus mengacu kepada pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari KI-3 dan KI-4 pada periode tertentu.

Berikut ini merupakan tahapan dalam melakukan penilaian pengetahuan dan
keterampilan.
Sumber: Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar

Penilaian Harian (PH)
Penilaian Harian dilakukan dalam bentuk tes tertulis, lisan, atau penugasan. Penilaian harian mengacu pemetaan KD dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan minimal satu kali dalam satu tema untuk setiap KD muatan pelajaran. Penilaian harian berfungsi untuk perbaikan pembelajaran dan juga sebagai salah satu bahan untuk pengolahan nilai rapor. 

Penilaian Tengah Semester (PTS)
Penilaian tengah semester dilaksanakan setelah menyelesaikan separuh dari jumlah tema dalam satu semester atau setelah 8-9 minggu belajar efektif. PTS berbentuk tes tulis dan berfungsi untuk perbaikan pembelajaran selama setengah semester serta sebagai salah satu bahan pengolahan nilai rapor.

Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) 
Penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT) dilaksanakan setelah menyelesaikan seluruh tema dalam satu semester belajar efektif. Penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis yang berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran selama satu semester serta sebagai salah satu bahan pengisian rapor.

Penulisan nilai PH, PTS, PAS dan PAT menggunakan angka pada rentang 0-100.

Berikut daftar nilai yang dapat dimanfaatkan untuk penilaian pengetahuan dan keterampilan untuk guru kelas, agama & budi pekerti, dan guru muatan lokal, silahkan diunduh:

Sekian
Semoga Bermanfaat
Salam Berbagi

Posting Komentar untuk "Daftar Nilai Kelas 1-6 Semester I Kurikulum 2013 Revisi"