Buku Pengembangan UKS di Sekolah Dasar

BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN DAN PENGEMBANGAN UKS DI SEKOLAH DASAR


Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan kegiatan di lingkungan sekolah dalam rangka memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mempertinggi derajat kesehatan peserta didik.

Kegiatan UKS diselenggarakan meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu, peran Kepala Sekolah dan Guru sangat strategis dalam pelaksanaan UKS.

Kerjasama di antara warga sekolah sangat diperlukan supaya UKS dapat berjalan efektif. Hal tersebut penting dalam menciptakan suasana organisasi yang harmonis dalam membangun kebersamaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.


TENTANG PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH/MADRASAH 

Pada Pasal 20 tentang tugas tim pelaksana UKS/M, meliputi:
  1. Menyusun rencana kegiatan pembinaan dan pengembangan UKS/M; 
  2. Melaksanakan Trias UKS/M; 
  3. Menjalin kerja sama dengan komite sekolah/madrasah, instansi terkait, dan masyarakat; 
  4. Menyiapkan sekolah/madrasah menjadi sekolah/madrasah sehat; 
  5. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan UKS/M secara berkala; 
  6. Menyampaikan laporan pelaksanaan UKS/M kepada TP UKS/M kecamatan dengan tembusan TP UKS/M kabupaten/kota; dan 
  7. Melaksanakan ketatausahaan tim pelaksana UKS/M. 
Keanggotaan tim pelaksana UKS/M di sekolah/madrasah ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah terdiri dari unsur desa/kelurahan, sekolah/ madrasah, Puskesmas, UPTD dinas pendidikan kecamatan, pendidik, OSIS, komite sekolah/madrasah dan pemangku kepentingan lain yang relevan sesuai kebutuhan.

Dalam Peraturan Bersama tersebut dinyatakan bahwa membina, mengembangkan, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada peserta didik dilaksanakan secara terencana dan bertanggung jawab melalui program pendidikan yaitu kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler, dan melalui usaha-usaha lain di luar sekolah yang menunjang perilaku hidup bersih dan sehat. 

Berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan yang dilakukan oleh Tim Pembina Tingkat Pusat ternyata masih cukup banyak sekolah yang belum melaksanakan UKS/M secara baik dan benar, terutama disebabkan kurangnya pembinaan, buku-buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M, kesadaran, komitmen, dan kerjasama dari empat kementerian. Disamping itu pula, masih kurangnya pelatihan untuk pembina dan pelaksana UKS/M guna peningkatan pemahaman dan wawasan.

Maka dari itu, mari kita sukseskan pelaksaaan UKS di sekolah demi terwujudnya perilaku hidup bersih dan sehat kepada peserta didik, melalui mempelajari modul dan buku pedoman pelaksanaan UKS berikut ini:

1 komentar untuk "Buku Pengembangan UKS di Sekolah Dasar"