Juknis Sekolah Sehat

Usaha membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dilaksanakan melalui pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah dengan berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. 

Kondisi di lapangan, masih belum optimalnya pelaksanaan kegiatan UKS/M dalam menumbuhkembangkan kebiasaan PHBS bagi peserta didik. 

Oleh karena itu, Kementrian Kesehatan RI menerbitkan Buku Saku Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Sekolah/ Madrasah Sehat yang diharapkan dapat membantu implementasi program UKS/M oleh guru madrasah kepada peserta didik. 

Kegiatan UKS/M dapat terintegrasi dengan jadwal mata pelajaran atau pun juga dilakukan diantara jam belajar. Misalnya dengan melakukan praktek cuci tangan pakai sabun bersama pada jam istirahat, sehingga peserta didik terbiasa untuk melakukan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan.

Buku Saku
Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Sekolah/Madrasah Sehat Tingkan SD/MI
Buku Saku tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Sekolah Sehat ini dapat dimanfaatkan sekolah dalam merencanakan, pelaksanakan, dan mengevaluasi sekolah sehat.  Dalam buku ini berisi tentang: 
  1. Instrumen Statifikasi UKS
  2. Instrumen Penilaian Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik
Instrumen di atas digunakan untuk mengukur penerapan sekolah sehat, apakah ada peningkatan/perbaikan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan kondisi kesehatan peserta didik.

Selain itu, pada buku ini ditekankan tentang TRIAS UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.
  1. Pendidikan Kesehatan (Literasi Kesehatan)
  2. Pelayanan Kesehatan (Pemeriksaan Berkala)
  3. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat (Pembinaan Kantin, Pengelolaan Sampah, Ketahanan Pangan, dan lain sebagainya)
Untuk lebih jelasnya silahkan buka Buku Saku tentang Petunjuk Teknis (juknis) Pelaksanaan Sekolah Sehat. Selain itu untuk mendukung penerapan sekolah sehat tidak terlepas dari pengembangan UKS itu sendiri, berikut panduannya (Panduan Pengembangan UKS).

Sekian Panduan/Juknis tentang Sekolah Sehat.

Semoga bermanfaat
Salam Berbagi

Posting Komentar untuk "Juknis Sekolah Sehat"