Buku Penilaian Penerapan Pendidikan Karakter

Penilaian Penerapan Pendidikan Karakter

Penerapan pendidikan karakter bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai sikap dan perilaku siswa. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter, melibatkan seluruh warga sekolah serta perlu dukungan orang tua/keluarga siswa untuk penerapan di luar sekolah.

Untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan karakter siswa, diperlukan penilaian. Untuk dapat melakukan penilaian perlu ditentukan karakter apa yang akan dibangun dan aspek/nilai apa yang sesuai untuk mewakili karakter tersebut.

Pada kesempatan ini akan dibagikan buku model penilaian karakter. Berisi tentang lima karakter utama yang dikembangkan dan dinilai yaitu: Religius, Integritas, Mandiri, Nasionalis, dan Gotong Royong.
  1. Religius, mencerminkan keberimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa. 
  2. Nasionalis, menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. 
  3. Mandiri, tidak bergantung kepada orang lain dan mempergunakan tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi, dan cita-cita. 
  4. Gotong royong, mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama. 
  5. Integritas, upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

Perkembangan karakter dapat dilihat dari perilaku siswa yang diungkapkan dalam bentuk ucapan, cara berpikir, dan perbuatan. Guru atau wali kelas hendaknya mempunyai catatan tiap siswa sebagai rekaman perkembangan.

Sekolah dapat menetapkan karakter yang menjadi fokus pengembangan atau penguatan karakter di sekolah. Karakter yang dipilih ini menjadi misi sekolah pada periode waktu tertentu. Sebagai contoh pada tahun pelajaran 2020/2021, SD Guru Berbagi menetapkan Kejujuran dan Mandiri sebagai fokus karakter. Karakter yang dipilih kemudian dijadikan program pendidikan karakter yang terpadu.

Pada lampiran buku ini diberikan contoh perilaku yang dapat diamati untuk masing-masing karakter sesuai dengan tingkat perkembangan anak (SD, SMP, SMA/SMK).


Untuk lebih jelasnya, berikut buku penilaian karakter:

Semoga Bermanfaat
Salam Berbagi

Posting Komentar untuk "Buku Penilaian Penerapan Pendidikan Karakter"