Pembelajaran Jarak Jauh dengan Cara 5M

Pembelajaran Jarak Jauh dengan Cara 5M

Pada masa pandemi covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan sebuah kegiatan untuk guru yaitu Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 yang terdiri dari bimtek, diklat, dan pengimbasan. 

Pada tahap 1 diikuti kegiatan bimtek yang menekankan penguasaan konsep. Kegiatan dilakukan secara mandiri dengan waktu yang fleksibel. 

Salah satu materi yang diperoleh adalah mengupayakan pembelajaran jarak jauh dengan cara 5M. Cara 5M diupayakan supaya pembelajaran jarak jauh menjadi menyenangkan dan bermakna yang sesuai dengan konteks dan konten kehidupan siswa. Cara 5M terdiri dari:

  1. Memanusiakan hubungan
  2. Memahami konsep
  3. Membangun keberlanjutan
  4. Memilih tantangan
  5. Memberdayakan konteks
Memanusiakan hubungan adalah praktik pembelajaran yang berorientasi dengan membangun relasi positif antara guru, siswa, dan orang tua. Pada awal sebelum menerapkan pembelajaran jarak jauh, guru bisa berkomunikasi dengan siswa dan orang tua terkait akses internet dan teknologi yang dimiliki. Setelah itu membuat kesepakatan dengan siswa dan orang tua.

Memahami konsep adalah praktik pembelajaran yang bukan sekedar menguasai konten, namun menguasai konsep yang mendalam dan dapat diterapkan dalam berbagai konteks. Tugas yang diberikan terkait dengan lingkungan sekitar atau persoalan yang sedang terjadi. Namun, sebelumnya tentu harus memberikan penjelasan kepada orang tua, untuk membantu proses belajar siswa di rumah.

Membangun keberlanjutan adalah praktik pembelajaran yang memandu siswa memahami rute belajar yang terarah dan berkelanjutan melalui umpan balik. Dalam hal ini tentu guru harus memberikan panduan tugas yang terperinci dan jelas. Selain itu, tugas-tugas yang diberikan selalu ada umpan balik untuk perbaikan atau memotivasi semangat belajar siswa selanjutnya.

Memilih tantangan adalah praktik pembelajaran yang memandu siswa memahami keahlian melalui proses yang berjenjang dan bermakna. Kegiatan belajar tidak hanya menulis, namun bisa dikombinasikan dengan diskusi dan kegiatan yang membuat siswa bergerak.

Memberdayakan konteks adalah praktik pembelajaran yang memandu siswa melibatkan sumber daya dan kesempatan di komunitas sebagai sumber belajar dan berkontribusi terhadap perubahan. Tugas yang diberikan diupayakan memberikan kesempatan siswa untuk menerapkan sesuai konteks atau kehidupan sehari-hari.

Demikian informasi tentang mengupayakan pembelajaran jarak jauh dengan cara 5M. Untuk lebih jelasnya, ayo ikuti Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 untuk menambah pengetahuan, keterampilan, sikap atau cara pandang kita dalam menerapkan pembelajaran di masa pandemi covid-19. 

Berikut implementasi 5M dalam pembelajaran berbasis proyek di masa pandemi covid-19 di kelas IV pada tema 3 (Peduli Terhadap Mahluk Hidup).


Salam Berbagi

2 komentar untuk "Pembelajaran Jarak Jauh dengan Cara 5M"