Tidak bisa menggunakan Google Classroom dengan akun "belajar id" di handphone?

Cara Mengatasi Masalah
Tidak Bisa Beralih Akun "Belajar Id" di Google Classroom Menggunakan Handphone (HP)
Tidak Bisa Mengakses Google Classroom di Handphone (HP)
Cara mengatasi masalah tidak bisa mengakses goolge classroom

Akun Pembelajaran dengan domain "belajar id" merupakan akun elektronik yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Dalam penggunaannya mungkin ada beberapa yang mengalami masalah seperti:

  1. Ketika membuka google classroom dan ingin menggunakan akun belajar id, tidak bisa beralih akun. (tetap di akun gmail pribadi).
  2. Tidak bisa melihat/mengakses kelas yang menggunakan domain belajar.id.
Hal tersebut terjadi karena terkait keamanan akun pembelajaran yang diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam rangka memberikan perlindungan terhadap: kerahasiaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun Pembelajaran; dan kemungkinan terjadinya kelalaian dalam penggunaan dan/atau penyalahgunaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun Pembelajaran.

Adapun beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:

Mengamankan layar
Masalah seperti di atas terjadi karena layar tidak dikunci atau menggunakan tipe usap. Maka dari itu, layar handphone harus menggunakan pengamanan dengan tipe: pola/pin/kata sandi, atau tipe lainnya sesuai dengan jenis handphone. Cara mengaktifkan kunci layar yaitu cari pengaturan > kunci layar > kemudian pilih salah satu tipe kunci layar dan masukkan pola/pin/kata sandi sesuai dengan tipe kunci layar yang dipilih.

atau

Membuka Jendela Pemberitahuan/Notifikasi
Jika ada muncul pemberitahuan dari layanan google play untuk melakukan tindakan pada akun. Silahkan klik/sentuh pemberitahuan tersebut dan ikuti langkah-langkah yang disuruh.



Jika salah satu cara di atas sudah dilakukan, silahkan coba membuka aplikasi google classroom dan pilih akun belajar.id. 

Selamat mencoba, semoga berhasil

Demikian cara mengatasi masalah tidak bisa menggunakan/mengakses google classroom dengan akun belajar id di handphone.

Salam berbagi !

2 komentar untuk "Tidak bisa menggunakan Google Classroom dengan akun "belajar id" di handphone?"

  1. Selamat pagi, ijin bertanya.Ketika muncul notifikasi perlu tindakan ,dan kemudian sudah dilakukan sesuai perintah seperti memasukkan password tapi masih tidak bisa membuka google classroom apa yang harus dilakukan?

    BalasHapus
  2. Hem kalo di hp saya enggak muncul tampilan tindakan :) ,dsr xiaomi

    BalasHapus