Materi Kompetensi Sains Nasional (KSN) SD Tahun 2021

Kompetisi Sains Nasional tingkat SD merupakan salah satu wadah strategis untuk menyiapkan sumber daya manusia memiliki kemampuan yang handal di bidang sains dan memiliki karakter kuat, kokoh, tahan uji. 

Efektifitas program Kompetisi Sains Nasional ditentukan antara lain melalui proses persiapan pra Kompetisi baik di babak penyisihan maupun nasional, pada tahun 2021 Pusat Prestasi Nasional membuat silabus Kompetisi sains nasional (KSN) tahun 2021.

Berikut adalah Silabus Kompetensi Sain Nasional (KSN) Tahun 2021:

Bidang Matematika:

  1. Materi: Bilangan meliputi Bilangan Bulat, Bilangan Rasional, Bilangan Prima, KPK, FPB, Pola Bilangan
  2. Materi Aritmatika meliputi Operasi Bilangan, Persamaan linear satu variable, Persamaan linear dua variable, Sistem pertidaksamaan linear.
  3. Materi Geometri meliputi Bidang datar: luas, keliling, sudut. Geometri Ruang: Volume, luas permukaan, jarak titik dengan bidang, jaring-jaring.
  4. Materi Statistika, Data dan Pengukuran meliputi Rata-rata, Perbandingan, Diagram batang, lingkaran dan garis, Persentase, Pengukuran kecepatan.
  5. Materi Kombinatorik meliputi Penggunaan kombinasi dengan teknik Counting problem, Pengenalan pola dengan menggunakan kombinasi.
Bidang IPA:
  1. Materi Keterampilan dan Metode Ilmiah meliputi Memahami proses dalam melakukan kegiatan ilmiah dan alur berfikir ilmiah.
  2. Materi Pengklasifikasian mahluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik dan Habitat meliputi Dasar-dasar klasifikasi dan Klasifikasi sistem lima kingdom.
  3. Materi Proses dan mekanisme yang terjadi pada mahluk hidup (Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Mikroorganisme) meliputi Anatomi dan fisiologi sel dan jaringan, Anatomi dan fisiologi sistem organ hewan dan manusia, Anatomi dan fisiologi tumbuhan, Metabolisme pada makhluk hidup (pertumbuhan dan perkembangan, fotosintesis, respirasi, serta proses fermentasi mikroorganisme)
  4. Materi Interaksi organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka meliputi  Ekologi dan lingkungan dan Keanekaragaman hayati dan distribusi bio diversitas Indonesia.
  5. Materi Isu perkembangan dan permasalahan tentang kesehatan lingkungan dan teknologi meliputi Bioteknologi, Pelestarian sumber daya alam hayati, dan Pencemaran lingkungan dan upaya penanggulangannya.
  6. Materi Mekanika meliputi Gerak Benda, Gaya, Momentum, Energi Mekanik, Tekanan, dan Gravitasi.
  7. Materi Wujud Benda meliputi Sifat dan kegunaan benda padat, Sifat dan kegunaan benda cair, dan Sifat dan kegunaan gas.
  8. Materi Listrik dan Magnet meliputi Listrik Statis, Listrik Dinamis, Sifat Magnet, Induksi Elektromagnetik, Aplikasi Listrik dan Magnet.
  9. Materi Gelomobang dan Optik meliputi Gelombang Tali, Bunyi, Cahaya, Gelombang, Elektromagnetik, Sifat-sifat gelombang, Alat Optik (cermin, lensa dan aplikasinya).
  10. Suhu dan Kalor meliputi Skala Suhu, Termometer, Hantaran Panas, Perubahan Wujud karena Panas.
  11. Energi dan Perubahannya meliputi Energi Panas, Energi Bunyi, Energi Terbarukan, Konversi Energi.
  12. Bumi, Tata Surya dan Antariksa meliputi Strukutur Bumi, Atmosfer Bumi, Proses Terbentuknya Tata Surya, Struktur Tata Surya, Iklim, Rotasi dan Revolusi Benda Langit, Bintang, Galaksi.
  13. Atom meliputi Inti Atom dan Elektron.

Posting Komentar untuk "Materi Kompetensi Sains Nasional (KSN) SD Tahun 2021"