Buku Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi


Program peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) merupakan program pembinaan kepada guru tentang merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Program ini merupakan bagian dari program pengembangan keprofesian berkelanjutan. Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.


Istilah zonasi berarti mempertimbangkan kewilayahan melalui pengelolaan pusat kegiatan guru (PKG), kelompok kerja guru (KKG), musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, khususnya dalam peningkatan kompetensi pembelajaran, yang terintegrasi secara vertikal dari Satuan Pendidikan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pusat sesuai dengan kewenangan masing-masing, yang berkesinambungan dari Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar.

Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi adalah sebagai berikut:

  • Membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya.
  • Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.
  • Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik.
  • Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
Sasaran Program PKP Berbasis Zonasi adalah guru pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK/SMKLB.

Program PKP Berbasis Zonasi merupakan kegiatan yang dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melibatkan UPT, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, masyarakat penyelenggara satuan pendidikan, asosiasi profesi guru serta komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Berikut buku tentang program pelaksanaan peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP):
  1. Buku Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi : Download
  2. Juknis PKP Berbasis Zonasi : Download
  3. Buku Pegangan Pembelajaran HOTS : Download
  4. Buku Pegangan Penilaian HOTS : Download
  5. Buku Pegangan Pembekalan Narasumber/Instruktur Nasional/Guru Inti : Download
Sekian, semoga bermanfaat !
Salam Berbagi

1 komentar untuk "Buku Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi"